Untuk memperbaiki dan meningkatkan reputasi sekolah, partisipasi masyarakat menjadi faktor penting untuk mendukung berhasilnya program-program yang dijalankan oleh institusi pendidikan tersebut. Selain itu, strategi manajemen hubungan masyarakat (Humas) di lingkungan pendidikan berperan sebagai jembatan komunikasi dan saluran informasi kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih mendalam bagaimana strategi Humas untuk memperkuat lembaga menjadi sekolah yang unggul dan berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa strategi humas yang efektif sangat penting untuk membangun citra positif dan mendorong keterlibatan masyarakat dalam aktivitas pendidikan. Penelitian ini menjelaskan bahwa citra suatu lembaga dibentuk oleh proses komunikasi internal dan eksternal, dan menekankan pentingnya menjaga hubungan yang baik antara sekolah dan para pihak yang berkepentingan. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi Humas yang terstruktur dengan baik dapat secara signifikan berkontribusi pada reputasi dan keberhasilan lembaga untuk memberikan pendidikan berkualitas.
Copyrights © 2025