Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Arsitektur
Vol. 2 No. 2 (2025): Volume 2 Issue 2 Februari 2025

Pengembangan Job sheet Praktik Instalasi Plambing Sesuai Dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Konsentrasi Keahlian Teknik Kontruksi dan Perumahan SMK Negeri 1 Jakarta

Permatahati, Agnes Nadia (Unknown)
Ramadhan, M Agphin (Unknown)
R. Eka Murtinugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan pembelajaran job sheet pada praktik instalasi plambing pada mata pelajaran Pelaksanaan dan Pengawasan Kontruksi Properti (PPKP) di SMk Negeri 1 Jakarta yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI). Metode pengembangan job sheet disebut juga dengan Research and Development (R&D). R&D dilakukan untuk menghasilkan produk atau jasa yang memiliki nilai validitas tinggi karena telah melalui berbagai uji coba sebelumnya. Prosedur pengembangan dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Hasil produk ini divalidasi oleh ahli validasi materi dan ahli validasi evaluasi. Analisis data pada validitas ahli menggunakan rumus nilai rata-rata dan kelayakan instrumen menggunakan rumus Aiken’s V. Hasil validasi yang diperoleh menunjukkan bahawa job sheet mendapat skor 87% dengan kategori “sangat layak” oleh ahli materi dan 91% dengan kategori “sangat layak” oleh ahli evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa job sheet yang dikembangkan memenuhi standar kelayakan dan dapat digunakan oleh guru serta siswa di SMK Negeri 1 Jakarta dalam praktik plambing.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

TEKSTUR

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

JP Tekstur: Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Arsitektur diperuntukan bagi seluruh civitas akademika Pendidikan Teknik Sipil dan Arsitektur. Kehadiran JP Tekstur: Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Arsitektur diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan Pendidikan Teknik dan Vokasi di ...