Di era digitalisasi, inovasi dan penyesuaian dalam proses pembelajaran terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan berpikir saintifik siswa melalui penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran Curious Note Program (CNP). Secara khusus, penelitian ini menganalisis kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan LKPD berbasis CNP dalam pembelajaran fisika. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Produk yang dikembangkan diuji coba pada siswa kelas XII MAS UNIVA Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai belajar siswa mencapai 81,51, dengan 52 dari 60 siswa mencapai ketuntasan belajar. Hal ini mengindikasikan bahwa LKPD berbasis CNP efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, analisis respons siswa menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 85,73% dengan kriteria "sangat praktis." Dengan demikian, LKPD berbasis CNP layak, efektif, dan praktis dalam memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir saintifik. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di era digital.
Copyrights © 2025