Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 1 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 1

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP IT Al Fikri IGS pada Materi Garis dan Sudut

Rohiimah, Siti (Unknown)
Hutapea, Nahor Murani (Unknown)
Anggraini, Rini Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian melaksanakan perbaikan proses pembelajaran dan peningkata hasil belajar siswa kelas VII SMP IT Al Fikri IGS untuk mata pelajaran matematika. Terdapat dua siklus penelitian tindakan kelas ini. Sejumlah 27 siswa kelas VII SMP IT Al Fikri IGS dijadikan sebagai subjek penelitian ini. Data dihimpun lewat lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Penelitian didapatkan hasil yaitu ada perbaikan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP IT Al Fikri IGS pada materi pelajaran garis dan sudut juga cenderung lebih baik. Ada peningkatan hasil belajar matematika siswa UH I berskor 44,44% ke UH II berskor 74,07%. Diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe NHT bisa membuat hasil belajar matematika lebih baik dan memperbaiki proses pembelajaran siswa kelas VII SMP IT Al Fikri IGS pada materi pelajaran garis dan sudut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...