Bahan ajar pembelajaran matematika masih didominasi oleh buku teks cetak dan LKS, sedangkan siswa lebih antusias ketika proses pembelajaran melibatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul matematika elektronik untuk memfasilitasi literasi matematis siswa SMK kelas X. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan subjek penelitian 35 siswa SMK kelas X. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, kuesioner dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Bahan ajar berupa e-modul pada materi barisan dan deret aritmatika untuk memfasilitasi literasi matematis siswa. (2) Hasil validasi ahli dengan kriteria sangat valid. (3) Hasil penilaian kepraktisan berada pada kriteria praktis. (4) Hasil penilaian keefektifan berada pada kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan literasi matematika siswa SMK kelas X.
Copyrights © 2024