Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 1 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 1

Dampak Artificial Intelligence terhadap Belief Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika

Hanan, Hanan (Unknown)
Sugiman, Sugiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Perkembangan teknologi dapat dilihat dari bentuk perkembangan Artificial Inteligence (AI) yang semakin memudahkan dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Namun, seiring perkembangan teknologi, pembelajaran matematika tetap dianggap sulit oleh peserta didik. Penelitian ini memaparkan sejauh mana dampak AI terhadap belief peserta didik dalam pembelajaran matematika. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Review (SLR) yaitu menganalisis AI dan keterkaitannya dengan belief pembelajaran matematika. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan meninjau artikel nasional dan internasional dalam kurun waktu 2013-2024 melalui data base Google Scholar, Education Resources Information Center (ERIC), Directory Open Access Journal (DOAJ), dan Elsevier. Pemanfaatan AI yang dipilih dalam artikel yang dijadikan referensi dari penelitian ini juga beragam yaitu Photomath, Desmos, Microsoft math solver, Symbolab, dan Geogebra. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam bentuk pemanfaatan platform-platform tersebut selama pembelajaran matematika memiliki dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. peningkatan hasil belajar tersebut menunjukkan adanya penigkatan terhadap kemampuan kognitif peserta didik selama proses pembeajaran. Dengan peningkatan hasil pembelajaran mengindikasikan pengaruh positif terhadap belief peserta didik dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...