Penelitian ini bertujuan menganalisis kelancaran prosedural matematis siswa pada materi eksponen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas X SMK Negeri Unggulan Sambas. Sampel penelitian ini terdiri dari enam siswa yang dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuannya, yakni dua siswa memiliki kemampuan tinggi, dua siswa memiliki kemampuan sedang dan dua siswa memiliki kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes ini terdiri dari 3 soal untuk mengukur tiga indikator kelancaran prosedural matematis, yaitu efisiensi, fleksibilitas, dan akurasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif melalui analisis yang dilakukan dengan menjabarkan hasil jawaban siswa berkaitan dengan kelancaran prosedural matematis siswa. Hasil penelitian yaitu kedua siswa dengan kemampuan tinggi berhasil mencapai indikator fleksibilitas, efisiensi, dan akurasi, karena mereka memiliki pemahaman yang baik tentang kapan dan bagaimana menggunakan prosedur. Dua siswa dengan kemampuan sedang menunjukkan fleksibilitas dan akurasi, tetapi tidak memenuhi indikator efisiensi karena banyaknya prosedur berulang dalam pengerjaan soal. Dua siswa lain dengan kemampuan rendah memenuhi fleksibilitas tetapi tidak mencapai akurasi dan efisiensi, karena pemahaman yang kurang mengakibatkan penyelesaian yang terlalu panjang dan kesalahan dalam perhitungan.
Copyrights © 2025