Media pembelajaran adalah salah satu sarana yang digunakan untuk meningkatkan pembelajaran. Namun, sekarang ini dalam proses pembelajaran di sekolah masih menggunakan media buku panduan sebagai media pembelajaran. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) media pembelajaran animasi berbasis Animaker dikembangkan menggunakan aplikasi pembuat animasi yaitu Animaker; (2) ada beberapa kendala yang terdapat dalam pengembangan media pembelajaran animasi berbasis Animaker, salah satunya adalah proses pembuatannya yang banyak; (3) dalam mengembangkan media pembelajaran animasi berbasis Animaker peneliti menggunakan model ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kelayakan media pembelajaran animasi pada mata pelajaran IPS menggunakan aplikasi pembuat animasi yaitu Animaker. Penelitian ini menggunakan metode Reseacrh and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi. Sangat Baik media oleh dosen Infomatika sebagai ahli materi memperoleh presentase dengan kategori “Sangat Baik”, hasil validasi media oleh dosen Infomatika sebagai ahli media memperoleh presentase 91,1% dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil validasi oleh Dosen Infomatika memperoleh presentase dengan kategori “Sangat Baik” Animaker-based animation learning media can be used in social studies learning. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran animasi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPS.
Copyrights © 2025