Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Chromebook sebagai media pembelajaran terhadap kemampuan bernalar kritis dan kemandirian siswa sekolah dasar dalam konteks Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah quasi experimental design dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran berbasis Google Documents pada Chromebook, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan rata – rata kemampuan bernalar kritis dan kemandirian antara kedua kelompok. Nilai signifikansi p-value pada kemampuan bernalar kritis adalah 0,019, dan pada kemandirian adalah 0,000, keduanya lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Chromebook secara signifikan meningkatkan kedua variabel tersebut. Temuan ini mendukung implementasi teknologi dalam pembelajaran untuk mendukung dimensi Profil Pelajar Pancasila, terutama pada aspek bernalar kritis dan kemandirian. Disarankan agar penggunaan Chromebook diintegrasikan lebih optimal dalam proses pembelajaran sehari - hari, serta diperlukan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam memanfaatkan teknologi.
Copyrights © 2025