Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 48 Cakranegara pada siswa kelas IV, dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil observasi menunjukkan peningkatan yang signifikan pada keaktifan siswa, dari 62% (kriteria baik) pada siklus pertama menjadi 81% (kriteria sangat baik) pada siklus kedua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan TaRL dalam pembelajaran matematika efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa, yang tercermin dalam peningkatan partisipasi siswa dalam diskusi, mengajukan pertanyaan, menyampaikan ide dan mendengarkan instruksi guru. Pendekatan TaRL dapat mengatasi kesenjangan kemampuan siswa dengan memberikan pembelajaran yang sesuai kebutuhan dan tingkat kemampuan masing-masing siswa serta dapat mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik
Copyrights © 2025