Kemampuan pemecahan masalah penting bagi siswa, pada kenyataannya masih cenderung rendah, sehingga diperlukan bahan ajar berupa LKPD sebagai penunjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality, yang diharapkan dapat memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, & Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 42 orang siswa dan 1 orang guru magtematika di SMAN 1 Sungai Penuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes, menggunakan instrumen yang mencakup angket validitas, tanggapan, kepraktisan, serta soal tes. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil validasi materi dan LKPD menunjukkan persentase masing-masing sebesar 82,3% dan 84,5%, yang dikategorikan sangat valid. Hasil kepraktisan guru dan siswa masing-masing memperoleh nilai 86,5% dan 80,2%, yang masuk dalam kategori praktis. Uji one sample t-test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05, yang mengindikasikan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa melebihi standar yang ditetapkan (KKTP). Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa LKPD berbasis RME yang didukung oleh augmented reality pada materi transformasi fungsi terbukti valid, praktis, dan efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan penggunaan LKPD tersebut dapat mendukung proses pembelajaran matematika yang lebih interaktif dan efektif bagi guru dan siswa.
Copyrights © 2025