Latar belakang: Perkembangan keterampilan berbahasa pada anak usia prasekolah menandakan adanya transformasi yang ditandai dengan perkembangan kemampuan berbahasa mereka. Perkembangan bahasa anak, lebih cepat melalui interaksi sosial, dengan penggunaan tata bahasa yang sesuai . Pemahaman bahasa lisan anak pra sekolah menjadi hal yang penting sebagai bagian dari pengembangan bahasa mereka. Tujuan: Penelitian ini bertujuan melihat gambaran pemahaman bahasa lisan anak prasekolah dengan menggunakan tes DDGKB Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pendekatan deskriptif dan menggunakan data sekunder dari tahun 2021 sampai 2023. Hasil: Penelitian menggunakan tes DDGKB untuk pemahaman bahasa lisan anak prasekolah pada usia 4,5 – 5 tahun baik, usia 5-6 tahun sangat baik dan usia 6-7 tahun baik. Kesimpulan : Kemampuan pemahaman lisan pada anak pra sekolah tahun secara umum tetap berada pada level yang baik. Saran : Kelengkapan data pada sampel agar lebih valid
Copyrights © 2024