Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecemasan public speaking siswa sebelum dan setelah di berikan pendekatan rational emotive behavioural therapy (REBT), serta gambaran umum memberikan pendekatan REBT dalam menurunkan kecemasan public speaking siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasy exsperiment . Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket pre-test, post-tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis nonparametric yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum diberikan pendekatam REBT diperoleh hasil rata-rata keseluruhan sebesar 32,47 tergolong kategori “Tinggi”. Sedangkan setelah diberikan REBT diperoleh hasil rata-rata keseluruhan sebesar 48,08 tergolong pada kategori “Sedang”. Dari hasil uji wilcoxon menunjukan Signifikasi (2-tailed) yaitu 0.000 < 0.05 (nilai ), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat penurunan tingkat kecemasan public speaking siswa pada kelas eksperimen dan tidak terdapat penurunan tingkat kecemasan public speaking siswa pada kelas kontrol. REBT dapat menurunkan kecemasan public speaking siswa. Teknik ini dapat digunakan oleh guru dalam mengurangi kecemasan public speaking siswa. Penelitian ini memperkuat public speaking siswa dengan teknik REBT yang mampu menurunkan kecemasan saat berbicara didepan umum.
Copyrights © 2025