Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan belajar yang masih di alami oleh siswa, yakni rendahnya kemandirian belajar mereka selama pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa melalui penerapan model pebelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran tematik di kelas VI-A SD Negeri 24 Salemba. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI-A SD Negeri 24 Salemba sebanyak 23 orang. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus kemandirian belajar siswa berada pada kategori rendah dengan rata-rata hanya sebesar 60%. Pada siklus I terjadi sedikit peningkatan kemandirian belajar siswa menjadi 65%. Kemudian pada siklus II kembali terjadi peningkatan yang signifikan pada kemandirian nbelajar siswa menjadi 80%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada kemandirian belajar siswa di kelas VI-A SD Negeri 24 Salemba melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL).
Copyrights © 2025