Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 1 (2025): Maret

Analisis faktor rendahnya kemampuan siswa dalam membaca dan menulis kelas IV SDN 93 Parandean kabupaten Enrekang

Amalia, Putri (Unknown)
Suarlin, Suarlin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Kemampuan membaca dan menulis merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai oleh siswa pada tingkat pendidikan dasar. Namun, di SDN 93 Parandean, terdapat permasalahan terkait rendahnya kemampuan siswa kelas IV dalam membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah tersebut.Hasil penelitian menunjukkan beberapa faktor yang berkontribusi terhadap rendahnya kemampuan siswa dalam membaca dan menulis, antara lain kurangnya sumber daya yang memadai, kurangnya motivasi siswa, dan metode pengajaran yang kurang efektif. Kurangnya dukungan dari lingkungan dan keluarga juga menjadi faktor yang signifikan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pihak sekolah meningkatkan ketersediaan sumber daya pembelajaran, mengadakan program motivasi bagi siswa, memperbaiki metode pengajaran yang digunakan, serta melibatkan orangtua dalam mendukung pembelajaran di rumah. Dengan langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas IV SDN 93 Parandean.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...