Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca menggunakan kartu kata bergambar peserta didik kelas I A UPT SPF SDN Bawakaraeng 3. Penelitian ini dilakukan selama II siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas I A UPT SPF SDN Bawakaraeng 3. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes membaca. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kulitatif dan kuantitatif. Hasil penleitian menunjukkan bahwa pada sikus I yang tuntas secara individual dari 22 peserta didik hanya 36,6% siswa yang berhasil mencapai ketuntasan. Sedangkan pada siklus II, terlihat adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan membaca siswa. Pada siklus ini, hanya 27,2% siswa yang masih belum tuntas, sementara 91% siswa telah berhasil mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025