Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 1 (2025): Maret

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode SAS untuk Siswa Kelas II

Kasmawati, Kasmawati (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian PTK yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng 1 dengan menggunakan metode SAS (Struktur Analisis Sintesis). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 22 siswa dan guru wali kelas II. Setting penelitian ini bertempat di di UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng 1 Kecamatan Makassar Kabupaten Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, mendeskripsikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama adalah kualifikasi Kurang (K) pada siklus kedua hasil yang dicapai adalah kualifikasi Cukup (C) sebagian besar siswa dapat melakukan instruksi guru baik pada tahap membaca tanpa buku maupun pada tahap membaca dengan buku. Pada siklus ketiga menunjukkan peningkatan yang berarti, yaitu dari siklus kedua kualifikasi Cukup (C) menjadi Baik (B). Kesimpulkan penelitian ini adalah penggunaan metode Struktur Analisis  Sintesis (SAS) dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan proses belajar membaca permulaan siswa kelas II UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng 1.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...