Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas IV UPT SPF SDN Mongisidi III. Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV UPT SPF SDN Mongisidi III. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 25 siswa hanya 12 siswa atau 48% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori sangat rendah. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana dari 25 siswa terdapat 23 siswa atau 92% telah memenuhi KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SPF SDN Mongisidi III.
Copyrights © 2025