Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 25 Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV UPTD SD Negeri 25 Parepare yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi pada keaktifan siswa siklus I mencapai 33% berada pada kategori kurang, siklus II mencapai 73% berada pada kategori cukup, dan siklus III mencapai 93% berada pada kategori baik. Hal ini sejalan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan ketuntasan belajar siklus I mencapai 50% berada pada kategori tidak tuntas dan siklus II mencapai 67,86% masih berada pada kategori tidak tuntas, sedangkan memasuki siklus III mencapai 89,28% berada pada kategori tuntas. Kesimpulannya adalah bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 25 Parepare
Copyrights © 2025