Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menantang siswa menyelesaikan masalah nyata untuk membangun pemahaman dan keterampilan secara mandiri. Penelitian bertujuan untuk mencari solusi atas masalah yang berkaitan dengan usaha meningkatkan pengetahuan yang diperoleh siswa dalam mempelajari teknik passing bawah khususnya pada materi passing bawah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar teknik passing bawah dalam bola voli dengan menerapkan model pembelajaran khususnya Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Pontianak. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian melibatkan 30 siswa dari kelas IX E di SMP Negeri 9 Pontianak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi lapangan, dengan instrumen berupa lembar observasi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan dokumen data. Uji analisis menggunakan analisis deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan passing bawah bola voli, yang tercermin dari peningkatan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Pada pra-siklus, hanya 36,66% siswa yang tuntas, lalu meningkat menjadi 66,66% Pada siklus I, dan mencapai 100% pada siklus II. Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar teknik passing bawah bola voli pada setiap siklus.
Copyrights © 2025