Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 11, No 1 (2015): TRANSFORMATIKA

THE TEACHING WRITING APPROACHES: GENRE: SOLUTION TOWARD “UN” READING TEST PHENOMENON

Moch. Malik Al Firdaus (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2017

Abstract

Kemampuan menulis Bahasa Inggris adalah salah satu kemampuan berbahasa yang dianggap paling kompleks karena melibatkan berbagai kemampuan kognitif dan linguistik. Secara konvensional, pembelajaran menulis dilakukan dengan pendekatan genre dimana siswa mengembangkan karangan secara bertahap mulai dari penggalian ide hingga merevisi karangan. Proses itu sendiri tidak terlalu jelas tahapannya, namun secara umum meliputi kegiatan penggalian ide, penyusunan draf, dan perbaikan/revisi. Pengamatan perhadap pembelajaran menulis tersebut menunjukkan bahwa tidak ada pemantauan yang pasti terhadap proses menulis, dalam arti, proses yang dilakukan dengan susah payah tersebut hanya diakui melalui penilaian terhadap produknya, yaitu draf terakhir atau hasil karangan. Dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, menulis paragrap merupakan keterampilan yang paling mudah diukur dengan menggunakan test obyektif sehingga paling banyak digunakan dalam Ujian, seperti Ujian Nasional, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, Ujian Kenaikan Kelas, dan bahkan Ulangan Harian. Ini membuktikan bahwa kemampuan menulis harus dipandang sebagai keterampilan yang sangat penting sehingga peserta didik perlu mendapat pembelajaran yang baik supaya mereka mahir dalam memahami wacana berbahasa Inggris.Kata Kunci: Teaching Writing, Genre Approaches, “UN” Reading Test 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

transformatika

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is an e-journal published by Universitas Tidar. The research article submitted to this online journal will be peer-reviewed at least 2 (two) reviewers. Every article that goes to the editorial staff will be selected through initial review ...