GEMA EKONOMI
Vol 11 No 5 (2022): GEMA EKONOMI

Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Melak Sanakan Pembelajaran Daring Dengan Pemberian Tugas Melalui Aplikasi Sosial Media Whatssapp Di Sekolah Dasar

Korompot, Sudarmin (Unknown)
Josefien Lalamentik, Olivia (Unknown)
Marie Stella Tuerah, Roos (Unknown)
Nicodemus Joufree Rotty, Viktory (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2022

Abstract

Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah rendahnya kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran daring dan luring yang sesuai standard proses pada masa mewabahnya Covid-19. Sedangkan tugas guru salah satunya adalah melaksanakan pembelajaran bermakna agar tercapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran daring dan luring melalui bimbingan dengan metode konsultasi pada Guru SD di Gugus Dua Kecamatan Likupang Barat Tahun 2020. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti didapat 45 orang Guru memiliki pemahaman pembelajaran daring dalam kategori Cukup Baik, 23 orang Guru memiliki pemahaman pembelajaran daring dalam kategori Baik, dan 12 orang Guru memiliki pemahaman pembelajaran daring dalam kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa kompetensi melaksanakan pembelajaran daring dan luring dapat ditingkatkan dengan metode pemberian tugas melalui aplikasi Whatssapp pada guru SD Binaan di Gugus Dua Gugus Dua Kecamatan Likupang Barat

Copyrights © 2022