Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengamati peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 5 Banjarbaru (2) Mengamati bentuk sarana yang dapat meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 5 Banjarbaru (3) Mengamati hambatan yang dihadapi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 5 Banjarbaru. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melibatkan wakil kepala sekolah dan guru sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kepala sekolah di SMA Negeri 5 Banjarbaru berperan kunci dalam meningkatkan kinerja guru melalui dukungan, komunikasi, dan pengembangan inovatif, yang semuanya berdampak positif pada kualitasĀ endidikan dan pengalaman belajar siswa. (2) SMA Negeri 5 Banjarbaru menunjukkan dedikasi yang kuat dalam meningkatkan kinerja guru melalui langkah strategis, pelatihan yang relevan, perbaikan fasilitas, kolaborasi antar guru, dan keterlibatan orang tua yang semuanya berkontribusi pada kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa. (3) SMA Negeri 5 Banjarbaru menghadapi tantangan dalam meningkatkan kinerja guru, tetapi kepala sekolah menunjukkan komitmen dengan mendengarkan keluhan dan mencari pendidikan, sementara pentingnya dukungan anggaran dan kolaborasi dengan pihak dinas pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025