Penelitian ini bertujuan untuk enganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar melalui penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa di SDN Sondosia. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen yang berkaitan dengan aktivitas pembelajaran dan hasil karya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Siswa menunjukkan peningkatan dalam menghasilkan ide-ide orisinal, menyelesaikan masalah, dan berkolaborasi dengan teman sebaya. Temuan ini mengindikasikan bahwa Problem Based Learning tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman materi, tetapi juga dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif yang penting bagi siswa di era modern. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi praktik pembelajaran di sekolah dasar serta menjadi referensi bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih inovatif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025