JGSD : Jurnal Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 5 (2025): Jurnal Guru Sekolah Dasar Bulan Februari 2025

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING

Suhartyaningsih, Suhartyaningsih (Unknown)
Rahmawati, Rahmawati (Unknown)
Lisnawati, Lisnawati (Unknown)
Adiansha, Adi Apriadi (Unknown)
Yusuf, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk enganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar melalui penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa di SDN Sondosia. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen yang berkaitan dengan aktivitas pembelajaran dan hasil karya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Siswa menunjukkan peningkatan dalam menghasilkan ide-ide orisinal, menyelesaikan masalah, dan berkolaborasi dengan teman sebaya. Temuan ini mengindikasikan bahwa Problem Based Learning tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman materi, tetapi juga dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif yang penting bagi siswa di era modern. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi praktik pembelajaran di sekolah dasar serta menjadi referensi bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih inovatif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Guru SD adalah jurnal akses terbuka peer-review yang didirikan oleh Forum Guru Wiyata Bhakti (FGWB) yang berkedudukan di Kabupaten Grobogan. Jurnal ini berfungsi sebagai platform penting yang didedikasikan untuk menerbitkan artikel penelitian berkualitas tinggi, makalah ulasan, dan studi ...