Proceedings Series of Educational Studies
2025: Seminar Nasional Departemen Administrasi Pendidikan "Transformasi Manajemen Pendidikan: Memban

Collaboration Learning Sekolah dengan DU DI dalam Membangun Relasi Kerja Siswa Jenjang Sekolah Kejuruan

Aini, Silvi Dziya’ul (Unknown)
Salsabilla, Rica Diva (Unknown)
Ananta, Waode Regita Aprilya (Unknown)
Ramdani, Wulan Ayu (Unknown)
Shaumadani, Wulan (Unknown)
Aisah, Zahrol (Unknown)
Prastiawan, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran penting dalam mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja. Untuk mencapai siswa yang siap menghadapi persaingan dunia usaha dan dunia industri yang kompetitif, tidaklah cukup hanya memberikan materi teori dan praktik saja, tetapi harus mampu menyalurkan siswanya atau lulusannya pada dunia usaha dan dunia industri yang sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Pembelajaran kolaboratif, yang melibatkan siswa bekerja sama secara aktif, terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan. Studi ini bertujuan mengeksplorasi konsep collaborative learning dalam membangun upaya pengembangan kompetensi siswa pada jenjang sekolah menengah kejuruan melalui program program sekolah dan teknik hubungan masyarakat dalam mendukung terlaksananya collaborative learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dengan melakukan tinjauan terhadap artikel ilmiah, buku, dan jurnal yang relevan mengenai pembelajaran kolaboratif di SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah menengah kejuruan yang mengadakan collaborative learning bersama dengan berbagai pihak internal maupun eksternal dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan kompetensi siswa sebagai sarana membangun relasi siswa untuk meningkatkan tingkat lulusan yang siap diterima bekerja. Temuan ini memberikan wawasan signifikan untuk pengembangan kurikulum SMK yang dengan fokus tidak hanya pada teori teknis, tetapi juga pengembangan soft skills yang relevan di dunia kerja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pses

Publisher

Subject

Education

Description

The proceedings series Proceedings of Educational Study Seriesaims to publish proceedings from conferences on the theories and methods in fields of ...