Proceedings Series of Educational Studies
2025: Seminar Nasional Departemen Administrasi Pendidikan "Transformasi Manajemen Pendidikan: Memban

Strategi Marketing Mix 7P Pemasaran Jasa Pendidikan Anak Usia

Suryani, Shakhila Dwi (Unknown)
Alivia, Riska (Unknown)
Romina, Riska Dwi (Unknown)
Laili Rochmawati, Vikha Nur (Unknown)
Hartanti, Wemei Wahyu (Unknown)
Prastiawan, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Penerapan strategi pemasaran berbasis marketing mix 7P yaitu product, price, place, promotion, people, proses, dan physical evidence yang diterapkan pada sebuah lembaga pendidikan digunakan untuk meningkatkan daya tarik lembaga pendidikan. Fokus penelitian ini mencakup pentingnya penerapan elemen bauran pemasaran untuk memahami efektivitasnya dalam menentukan keputusan calon peserta didik dalam memilih lembaga pendidikan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara observasi, dan studi dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, waka humas, dan orang tua. Pengumpulan data yang akurat dengan menggunakan teknik triangulasi dan dianalisis melalui proses interaksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan sangat efektif dalam meningkatkan reputasi sekolah, kepuasan orang tua, serta kepercayaan masyarakat. Salah satu faktor pendukung keberhasilan meliputi inovasi pendidikan, transparansi biaya, promosi digital, fasilitas yang memadai, dan juga pendekatan berbasis nilai-nilai islami yang melibatkan orang tua sebagai mitra dalam pendidikan. Hasil penelitian ini memperkuat pentingnya pendekatan pemasaran jasa pendidikan yang terstruktur untuk membangun hubungan jangka panjang dan memperluas strategi secara berkelanjutan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pses

Publisher

Subject

Education

Description

The proceedings series Proceedings of Educational Study Seriesaims to publish proceedings from conferences on the theories and methods in fields of ...