Penerapan strategi pemasaran berbasis marketing mix 7P yaitu product, price, place, promotion, people, proses, dan physical evidence yang diterapkan pada sebuah lembaga pendidikan digunakan untuk meningkatkan daya tarik lembaga pendidikan. Fokus penelitian ini mencakup pentingnya penerapan elemen bauran pemasaran untuk memahami efektivitasnya dalam menentukan keputusan calon peserta didik dalam memilih lembaga pendidikan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara observasi, dan studi dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, waka humas, dan orang tua. Pengumpulan data yang akurat dengan menggunakan teknik triangulasi dan dianalisis melalui proses interaksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan sangat efektif dalam meningkatkan reputasi sekolah, kepuasan orang tua, serta kepercayaan masyarakat. Salah satu faktor pendukung keberhasilan meliputi inovasi pendidikan, transparansi biaya, promosi digital, fasilitas yang memadai, dan juga pendekatan berbasis nilai-nilai islami yang melibatkan orang tua sebagai mitra dalam pendidikan. Hasil penelitian ini memperkuat pentingnya pendekatan pemasaran jasa pendidikan yang terstruktur untuk membangun hubungan jangka panjang dan memperluas strategi secara berkelanjutan
Copyrights © 2025