Proceedings Series of Educational Studies
2025: Seminar Nasional Departemen Administrasi Pendidikan "Transformasi Manajemen Pendidikan: Memban

Best Practice Penerapan Pengawasan Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak

Adinda Putri, Aisya Maharani (Unknown)
Indriani, Cheryl Annisa (Unknown)
Reyalinda, Clarissa Pasya (Unknown)
Pramesti, Fisca Pricillia (Unknown)
Ferdiansyah, Rizky (Unknown)
Riefasepta, Wildanizar (Unknown)
Muzakky, Mohamad Irvan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Pendidikan merupakan dasar yang sangat penting dalam membentuk generasi yang unggul, cerdas, dan berkarakter. Untuk mencapai tujuan tersebut, pengawasan pendidikan memainkan peran krusial dalam memastikan kualitas pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama dalam pengawasan: peran pengawas luar yang memberikan masukan strategis, kepemimpinan kepala sekolah dalam supervisi internal, serta dukungan dari berbagai pemangku kepentingan dalam pengelolaan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan praktik terbaik pengawasan pendidikan di TK Cempaka, Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen-dokumen sekolah. Informan utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di TK Cempaka Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Cempaka berhasil melaksanakan pengawasan yang efektif melalui perencanaan yang terstruktur, supervisi berbasis data, dan evaluasi yang berkelanjutan. Peran pengawas luar dapat dilihat dari berbagai saran strategis yang mereka berikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kepala sekolah memainkan peran kunci dalam pengawasan internal dengan pendekatan kolaboratif, memastikan bahwa setiap guru memahami dan melaksanakan tugasnya sesuai dengan standar yang ditetapkan. Selain itu, dukungan dari pemangku kepentingan, termasuk orang tua dan masyarakat, ditunjukkan melalui keterlibatan aktif mereka dalam kegiatan sekolah serta melalui penggunaan media sosial seperti Instagram dan YouTube. Platform-platform ini dimanfaatkan untuk meningkatkan transparansi, membangun interaksi dengan masyarakat, dan menonjolkan pencapaian sekolah. Dengan strategi yang terencana, pengawasan yang komprehensif, serta kolaborasi yang harmonis antara pengawas luar, kepala sekolah, dan pemangku kepentingan, TK Cempaka dapat dijadikan model pengawasan pendidikan yang dapat diaplikasikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di institusi lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pses

Publisher

Subject

Education

Description

The proceedings series Proceedings of Educational Study Seriesaims to publish proceedings from conferences on the theories and methods in fields of ...