Penelitian ini mengkaji strategi manajemen hubungan masyarakat dalam pengembangan citra positif di SD My Little Island Malang, dengan fokus pada strategi humas, kegiatan humas untuk membangun citra positif, dan preferensi konsumen pendidikan. SD My Little Island Malang menerapkan strategi humas yang efektif melalui program unggulan seperti Character Solution International (CSI) yang menonjolkan pengembangan karakter siswa. Pemanfaatan teknologi, seperti website dan media sosial, mendukung transparansi dan kemudahan akses informasi, yang pada gilirannya meningkatkan kepercayaan dan preferensi orang tua terhadap sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data NVivo melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan humas yang baik berpengaruh positif terhadap preferensi konsumen pendidikan, dengan kebijakan sekolah yang mempromosikan toleransi antar agama dan budaya menambah daya tarik sekolah di mata masyarakat multikultural. Berdasarkan hasil analisis, disarankan agar kepala sekolah mendukung peningkatan infrastruktur digital untuk tim humas dan IT, memperkuat kegiatan interaktif dengan masyarakat dan orang tua, serta mengembangkan website sekolah agar lebih interaktif dan responsif. Orang tua juga diharapkan lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran anak dan kolaborasi dengan sekolah, serta penelitian selanjutnya dapat menjadikan temuan ini sebagai pedoman dalam mengembangkan strategi manajemen humas yang sukses di lembaga pendidikan.
Copyrights © 2025