Penelitian pengembangan model permainan kebugaran jasmani siswa SMP kelas VIII di Kabupaten Banyuwangi memiliki tujuan untuk mengetahui apakah dapat digunakan pada proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan model prosedural yakni model pengembangan (R&D) dari Borg dan Gall dengan tahapan 9 tahapan yaitu; Pengumpulan informasi, (2) Mengembangkan produk, (3) Evaluasi ahli permainan dan 3 orang guru, (4) Uji coba kelompok kecil di SMPN 1 Srono, (5) Revisi model permainan, (6) Uji coba yang dilakukan pada kelompok besar di 3 Sekolah SMPN di area Srono Kabupaten Banyuwangi, (7) Uji kepraktisan, (8) Revisi produk akhir, (9) Produk akhir. Jenis data penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Adapun instrumen untuk memperoleh data menggunakan non tes dan kuesioner (skala likert). Teknik analisis data pada penelitian dan evaluasi yang dilakukan oleh para ahli untuk uji coba produk adalah metode analisis kuantitatif dan kualitatif dalam bentuk persentase. Uji coba penelitian dilakukan di 3 sekolah SMPN Negeri kelas VIII yang berada di Kabupaten Banyuwangi. Hasil data penelitian yang diperoleh diantaranya, hasil data ahli permainan diperoleh presentase 89,58% yang dinyatakan “sangat valid”, hasil tinjauan praktisi diperoleh presentase 82,29% (sangat valid), dan 4,09 bermakna tinggi untuk tingkat keterlaksanaan. Hasil uji kelompok kecil yang diperoleh sebesar 80,51% (sangat valid), dan hasil uji kelompok besar diperoleh presentase 90,5% (sangat valid). Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa model permainan kebugaran jasmani siswa SMP kelas VIII valid dan dapat digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025