Room of Civil Society Development
Vol. 4 No. 2 (2025): Room of Civil Society Development

Peran Pendekatan Partisipatif dalam Meningkatkan Kesadaran Pendidikan dan Menurunkan Angka Putus Sekolah di Desa Cibadak

Jatmiko, Tri Budi (Unknown)
Achmad Erlangga Putra Saifullah (Unknown)
Ahmad Hematiyar (Unknown)
Insan Ahmad Alhafidh (Unknown)
Putri Utami Ramadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

Program ini dilaksanakan oleh Tim KKN MD II 06 Acarya Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia di SMA Puspa Bangsa, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya pendidikan dan menekan angka putus sekolah melalui pendekatan interaktif dan partisipatif. Metode yang digunakan melibatkan permainan cerdas cermat, pemutaran film Mimpi Ananda Raih Semesta (MARS), dan seminar motivasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 90% siswa aktif berpartisipasi dan merasa lebih termotivasi untuk melanjutkan pendidikan. Pendekatan ini dinilai efektif karena mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan relevan. Program ini diharapkan menjadi langkah awal dalam membangun kesadaran pendidikan di masyarakat, dengan melibatkan dukungan orang tua dan komunitas untuk keberlanjutan dampaknya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

rcsd

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Room of Civil Society Development (RCSD) is a community service-oriented journal. RCSD Journal covers the development and application of Science and Technology as a result of community service activities in the form, model, concept, and/or implementation of community service as an effort to increase ...