Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya pengembangan keterampilan teknik (engineering) pada anak usia dini, khususnya di TK ABA 2 Campa. Pada tahap perkembangan ini, anak-anak mulai mengenal konsep-konsep dasar mengenai konstruksi dan pemecahan masalah yang sangat penting untuk pengembangan keterampilan berpikir logis dan kreatif. Media loose part, yang berupa berbagai benda yang dapat dipadukan dan dimanfaatkan secara bebas oleh anak, diyakini dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan teknik dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dengan guru, dan dokumentasi kegiatan anak. Sumber data terdiri dari anak-anak usia dini yang berjumlah 10 orang, serta para pendidik yang terlibat dalam proses pembelajaran di TK ABA 2 Campa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik yang bertujuan untuk mengidentifikasi pola-pola perkembangan keterampilan teknik anak melalui pemanfaatan media loose part. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media loose part memberikan dampak positif dalam pengembangan keterampilan teknik anak, seperti keterampilan merancang, mengonstruksi, dan memecahkan masalah. Anak-anak lebih aktif dan kreatif dalam melakukan eksperimen dan penciptaan bentuk-bentuk baru dengan berbagai material. Selain itu, keterampilan sosial dan kerjasama juga meningkat karena anak-anak belajar bekerja sama dalam kelompok. Penelitian ini merekomendasikan penerapan media loose part secara konsisten dalam pembelajaran untuk mendukung pengembangan keterampilan teknik pada anak usia dini.
Copyrights © 2025