Jendela Pendidikan
Vol 11 No 2 (2022): Jendela Pendidikan

PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN HAFALAN AL-QUR'AN SANTRI PESANTREN TAHFIDZ RUMAH QUR'AN INDONESIA

Fathonah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh pembelajaran bahasa Arab dengan hafalan Al-Qur’an Santri Pesantren Tahfidz RUmah Qur’an Indonesia. dimana untuk mencapai hafalan yang baik dibutuhkan memahami Bahasa Arab sebagai Bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpul data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Bahasa Arab dengan hafalan Al-Qur’an memiliki pengaruh positif. Pemahaman Bahasa Arab akan lebih memudahkan santri dalam menghafalkan Al-Qur’an. Sedangkan kurang atau tidak fahamnya Bahasa Arab akan menghambat proses menghafalkan Al-Qur’an.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JendelaPendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau ...