Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul praktikum botani tumbuhan tinggi yang telah melalui proses validasi oleh para ahli, sehingga memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model 3D (Define, Design, Develop). Proses validasi e-modul melibatkan empat orang validator, terdiri dari dua ahli materi dan dua ahli media. Instrumen penilaian kelayakan e-modul menggunakan lembar validasi yang mencakup kriteria materi (kesesuaian materi, kejelasan dan keterbacaan, kelengkapan dan struktur penyajian) serta kriteria media (desain, fitur media dan kemudahan penggunaan). Uji coba e-modul dilakukan dengan melibatkan 40 mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah botani tumbuhan tinggi. Aspek yang dinilai dalam uji coba meliputi tampilan desain, penyajian materi dan kemudahan penggunaan. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan nilai-rata-rata sebesar 89,25%, sedangkan validasi oleh ahli media memperoleh nilai rata-rata 87,5%. Selain itu, tanggapan mahasiswa terhadap e-modul ini mencapai nilai rata-rata 84,7%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat relevan dengan kebutuhan pembelajaran dan diharapkan dapat menjadi Solusi alternatif dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan praktikum botani tumbuhan tinggi.
Copyrights © 2025