Abstrak Penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam Pengajaran Bahasa Inggris (ELT) telah berkembang pesat secara global, seiring dengan kemajuan dalam pemahaman ilmiah tentang teknologi AI. Integrasi AI ke dalam pengajaran bahasa memfasilitasi pengembangan dan penyampaian materi pendidikan berkualitas tinggi, sehingga mengoptimalkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang perspektif siswa bahasa tentang integrasi AI dalam konteks ELT di Universitas Pahlawan. Peneliti melakukan penelitian cross-sectional dengan menggunakan survei daring untuk mengumpulkan data tentang karakteristik demografi, pengetahuan, dan sikap yang terkait dengan AI di antara Pembelajar Bahasa Inggris. Sampel praktis yang terdiri dari 59 pembelajar bahasa dipilih untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan uji chi-kuadrat untuk memeriksa hubungan dan perbedaan di antara berbagai faktor yang terkait dengan keterlibatan AI dalam konteks pembelajaran bahasa. Penelitian kami mengungkapkan bahwa di antara 59 pembelajar bahasa yang disurvei, 41 responden (69,49%) melaporkan pernah mendengar tentang kecerdasan buatan dan menunjukkan pemahaman mendasar tentang konsep-konsep seperti kecerdasan buatan/pembelajaran mendalam/pembelajaran mesin. Sebaliknya, 24 responden (40,68%) menyatakan kekhawatiran mengenai keberadaan AI, sementara 39 peserta (66,10%) mempertahankan pandangan positif terhadap integrasinya. Khususnya, 11,86% peserta menyatakan kekhawatiran bahwa AI dapat menimbulkan ancaman terhadap peluang kerja mereka di masa depan sebagai guru bahasa Inggris. Hasil tersebut menunjukkan bahwa meskipun siswa memiliki pengetahuan dasar tentang AI dan menyatakan keinginan untuk mengintegrasikannya ke dalam praktik pendidikan mereka, ada kebutuhan signifikan untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan potensi penuh AI sebagai alat pembelajaran transformatif. Hal ini menggarisbawahi pentingnya mengembangkan strategi pendidikan yang ditargetkan untuk meningkatkan kemahiran siswa dalam memanfaatkan teknologi AI secara efektif. Kata kunci: AI, Pembelajar Bahasa, Keterlibatan Pembelajaran
Copyrights © 2024