Abstrak — PT Yesdok Indonesia, bergerak di bidang Kesehatan, ingin meningkatkan efektivitas komunikasi dimedia sosial untuk mencapai tujuan bisnisnya. Namun, PT Yesdok Indonesia belum memiliki strategi desain grafis yangefektif untuk media sosial, sehingga pesan yang disampaikan kurang optimal dan mudah dilupakan oleh target audiens.Konten visual yang dibuat tidak efektif sehingga desain kurang maksimal dalam menyampaikan informasi, dan desain grafistidak digunakan secara optimal untuk membangun brand awareness. Sebanyak 332 poster telah dibuat dalam rentangwaktu dari 28 Agustus 2023 hingga 31 Mei 2024 untuk meningkatkan efektivitas komunikasi visual di media sosial PTYesdok Indonesia. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada aspek jumlah pengikut.Dari bulan November 2022 dengan 13.256 pengikut hingga Agustus 2023 dengan 15.982 pengikut, terjadi peningkatansebesar sekitar 20,55%. Selanjutnya, dari Agustus 2023 hinggaMei 2024, jumlah pengikut meningkat lebih signifikan sebesar 56,73%, dari 15.982 menjadi 25.049 pengikut. Berdasarkanperbandingan periode tersebut maka jumlah pengikut mengalami persentase peningkatan yang cukup signifikan.Pada periode Agustus 2023 hingga Mei 2024, kunjungan profil mencapai rata-rata 5.156 kunjungan, mencapai puncaktertinggi 7.179 kunjungan, dan terendah 3.686 kunjungan. Selain itu, jangkauan instagram mencapai rata-rata 20.705kunjungan, dengan puncak tertinggi mencapai 33.154 kunjungan. Kata kunci— Efektivitas komunikasi, Media sosial, Desain grafis, Brand awareness, Konten Visual
Copyrights © 2025