Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Vol 8, No 2 (2024): VOL 8. NO 2. DESEMBER 2024

OPTIMALISASI KEBUGARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Pratama, Raditya (Unknown)
Kusuma, Angga Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Pendidikan jasmani memiliki peran penting dalam membentuk kebugaran fisik dan meningkatkan hasil belajar. Meningkatnya tantangan menghadapi pandemi dan perubahan dalam metode pembelajaran. Metode yang semakin populer dalam pendidikan adalah gamifikasi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen untuk menganalisis adanya pengaruh gamifikasi pada pembelajaran pendidikan jasmani terhadap kebugaran fisik dan hasil belajar. Hasil penelitian terlihat ada perbedaan signifikan pada kebugaran siswa, antara kelompok eksperimen menggunakan gamifikasi dan kelompok kontrol menggunakan konvensional. Rerata nilai VO2 Max pada kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan signifikan, sementara untuk kelompok kontrol mengalami peningkatan yang lebih kecil. Pada awal pengukuran, rata-rata VO2 Max pada kelompok eksperimen adalah 35,5 ml/kg/menit, sedangkan kelompok kontrol memiliki rata-rata 34,0 ml/kg/menit. Kelompok eksperimen yang diberikan metode pembelajaran dengan gamifikasi mengalami peningkatan rata-rata VO2 Max sebesar 7,5% dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya meningkat 2,8%. Selain kebugaran fisik, penelitian ini juga mengukur hasil belajar siswa yang diukur melalui ujian tertulis yang mencakup materi pendidikan jasmani. Rata-rata nilai ujian tertulis pada kelompok eksperimen setelah periode eksperimen adalah 85%, sedangkan untuk kelompok kontrol memperoleh rata-rata 78%. Dari hasil diatas dapat disimpulkan penerapan gamifikasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani berkontribusi signifikan untuk peningkatan kebugaran fisik dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gpji

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Physical Education Arena is published by Department of Sports Science, Faculty of Sports Science State University of Malang (UM). The Indonesian Physical Education Arena is published twice a year in April and October containing articles of research and thought results in the field of ...