Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran KOPIN (kotak pintar) bermuatan kearifan lokal suku Sasak pada materi sikap dan perilaku sesuai sila-sila Pancasila kelas IV SDN 4 Cakranegara yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 4 Cakranegara sedangkan objek pada penelitian ini adalah media pembelajaran KOPIN (kotak pintar) bermuatan kearifan lokal suku Sasak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif berbentuk saran, tanggapan dan kritik oleh ahli media, ahli materi dan peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Kemudian analisis deskriptif kuantitatif diperoleh dari angket penilaian berskala 1-5 untuk mengetahui kualitas dari media serta hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan tahapan uji normalitas data, uji T dan uji N-gain. Berdasarkan hasil penelitian kelayakan media kotak pintar memperoleh hasil uji validasi ahli media persentase 86% dengan kategori sangat valid dan validasi ahli materi memperoleh persentase 98% dengan kategori sangat valid dan hasil uji kepraktisan media kotak pintar memperoleh tingkat persentase 97% dengan kategori sangat praktis. Pada keefektifan media kotak pintar memperoleh perbedaan signifikan antara hasil pre-test dengan hasil post-test yang dapat dilihat dari probabilitas 0,000 (∝<0,05) dan hasil perhitungan N-gain memperoleh signifikasi 0,53 yang berarti efektifitas media pembelajaran kotak pintar berada pada kategori sedang atau dapat dikatakan bahwa media pembelajaran kotak pintar bermuatan kearifan lokal suku Sasak terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi sikap dan perilaku sesuai sila-sila Pancasila.
Copyrights © 2025