Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Analisis Dimensi Bernalar Kritis Dalam Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Teori Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas II SDN Jatibarang 01

Yuliani, Ruri (Unknown)
Fathurrahman, Moh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2025

Abstract

Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu bernalar kritis, menjadi kemampuan yang sangat penting dimiliki siswa untuk memproses, mengevaluasi informasi, hingga menghasilkan keputusan yang tepat dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi bernalar kritis menggunakan teori taksonomi Bloom pada siswa kelas 2 SDN Jatibarang 01 Kabupaten Semarang dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri Jatibarang 01 yang berjumlah 29 orang terdiri dari 16 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2024 sampai Februari 2025. Purposive sampling digunakan untuk menentukan subjek penelitian yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, analisis dokumen, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas II sudah menunjukkan adanya dimensi bernalar kritis, yang dapat didukung oleh faktor internal dan eksternal yang terdiri dari karakteristik individu, kedisiplinan siswa, motivasi, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, serta proses pembelajarannya. Dimensi tersebut juga perlu adanya peran guru dalam mengembangkan kemampuan bernalar kritisnya seperti dalam menyusun perangkat pembelajaran, pembiasaan di kelas, penggunaan model maupun media dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...