Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGHADAPI PERILAKU TANTRUM PADA ANAK DENGAN DIAGNOSA AUTISME DI TK KARUNIA MEDAN JOHOR

Tobing, Devina Lumban (Unknown)
Damanik, Suri Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk  mendeskripsikan  perilaku tantrum anak dengan diagnosa autis di TK Karunia Medan Johor serta Peran yang diberikan oleh guru dalam menghadapi perilaku tantrum anak dengan diagnosa autis di TK Karunia Medan Johor. Perilaku tantrum merupakan ledakan emosi atau luapan kemarahan yang dilakukan oleh anak, hal ini dapat diatasi dengan peranan guru yang dimana peran guru merupakan tugas atau tanggung jawab yang diemban oleh seorang pendidik dalam proses pembelajaran dan pengembangan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang anak dengan diagnosa autis serta subjek dalam penelitian ini berjumlah 1 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku tantrum yang terjadi pada anak yaitu, tantrum manipulatif, frustasi verbal serta tantrum tempramental. Peran yang diberikan yaitu sebagai pembimbing dimana guru membantu anak-anak mengelola emosi, fasilitator yang berperan membantu anak-anak mengelola emosi, mediator yaitu sebagai penengah serta motivator yang berperan memberikan pujian serta dorongan kepada anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...