Pembelajaran kimia yang masih menekankan isi daripada proses akan menghambat tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Langkah konkret yang dapat dilakukan untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu dengan menerapkan pendekatan berpikir sistem. Salah satu model pendekatan berpikir sistem yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia adalah model tetrahedral Mahaffy. Model ini memiliki empat dimensi yaitu dimensi simbolik, molekuler, makroskopik, dan human element. Dengan adanya dimensi human element yang dikaitkan dengan isu-isu lingkungan, diharapkan dapat menguatkan kompetensi berpikir sistem dan kesadaran lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya penerapan pendekatan berpikir sistem model tetrahedral Mahaffy pada pembelajaran kimia dan mendeskripsikan kaitan antara model tetrahedral Mahaffy dengan kesadaran lingkungan siswa sehingga tujuan pembangunan berkelanjutan dapat tercapai di bidang pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey eksploratif. Hasil penelitian ini berupa analisis deskriptif tentang pentingnya pendekatan berpikir sistem dalam pembelajaran kimia dan keterkaitan antara berpikir sistem dengan kesadaran lingkungan siswa. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa penerapan model tetrahedral Mahaffy dengan memuat isu lingkungan penting diterapkan dalam pembelajaran kimia yang dapat dimuat di LKPD dengan menggunakan model tetrahedral Mahaffy.
Copyrights © 2025