JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 6, No 2: Oktober 2023

Analisis Komparatif Vernakular Maskot KPU NTB 'Si Meton' (2018) dan 'Puk Puk' 2024: Representasi Budaya Lokal dalam Desain Komunikasi Visual

Printi Ardi, Raden Fanny (Unknown)
Subyan, Mi'rajus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini menganalisis perbandingan vernakular antara maskot KPU NTB "Si Meton" (2018) dan "Puk Puk" (2024) dalam konteks representasi budaya lokal dan fungsi mereka sebagai media komunikasi visual. Maskot "Si Meton" menonjolkan elemen budaya Sasak, seperti pakaian adat dan keris tradisional, sementara "Puk Puk" lebih fokus pada pelestarian alam dengan mengangkat Celepuk Rinjani dan Gunung Rinjani sebagai ikon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif-komparatif, melibatkan analisis visual, studi literatur, dan wawancara dengan narasumber terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua maskot berhasil menarik perhatian masyarakat dan meningkatkan partisipasi dalam Pilkada, meskipun dengan pendekatan yang berbeda. "Si Meton" lebih efektif dalam merepresentasikan budaya lokal, sedangkan "Puk Puk" lebih menekankan pada kesadaran lingkungan. Namun, terdapat kelemahan dalam penempatan elemen budaya pada "Si Meton" dan kurangnya representasi budaya lokal pada "Puk Puk". Simpulan penelitian ini menyarankan agar desain maskot di masa depan menggabungkan elemen budaya dan alam secara seimbang untuk menciptakan representasi yang lebih inklusif dan komprehensif bagi masyarakat NTB.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...