UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol 2 No 2 (2025): Vol. 2 No. 2 Februari 2025

Peningkatan Pemahaman Kalimat Efektif pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia dengan Media Permainan Daring

Awaliyah, Mia (Unknown)
Amanah, Amanah (Unknown)
Cahyani, Putri Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran kalimat efektif di perguruan tinggi merupakan aspek penting dalam meningkatkan kemampuan komunikasi yang jelas dan terstruktur. Namun, mahasiswa sering menghadapi kesulitan dalam memahami dan menerapkan prinsip kalimat efektif, terutama di luar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa terhadap kalimat efektif melalui media permainan daring Quizizz pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Teknikdan instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung lebih memahami materi kalimat efektif yang disampaikan dengan pendekatan interaktif menggunakan Quizizz. Sebagian besar mahasiswa memberikan umpan balik positif, menyatakan bahwa pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak monoton. Selain itu, mahasiswa dapat dengan mudah mengevaluasi kesalahan mereka, terutama dalam penggunaan tanda baca, kata baku, dan huruf kapital. Quizizz juga terbukti efektif sebagai alat evaluasi, membantu dosen mengidentifikasi kesulitan mahasiswa dan merancang materi pembelajaran yang lebih sesuai. Implikasi hasil penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran interaktif seperti Quizizz meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa, sekaligus menciptakan pengalaman belajar yang inovatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

upgrade

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Jurnal Upgrade Pendidikan Teknologi Informasi menerima artikel riset dan kajian ilmiah (review) dengan lingkup ilmu pendidikan teknologi beserta aplikasinya. Adapun fokus dan ruang lingkup topik yang diterbitkan pada jurnal ini adalah sebagai berikut. 1. Teknologi Pendidikan 2. Kecerdasan Buatan & ...