ABSTRACT Menghafalkan Al-Qur’an adalah salah satu upaya umat Muslim untuk menjaga kemurnian Al-Qur’an dan merupakan perbuatan yang mulia dan terpuji. Salah satu metode menghafal AL-Qur’an yaitu dengan penggunaan metode talqin talaqqi. Metode ini dilaksanakan dengan cara guru membacakan terlebih dahulu secara berulang-ulang ayat yang akan dihafalkan oleh murid, kemudian murid menirukan secara berulang-ulang pula bacaan sesuai dengan yang dicontohkan oleh guru sampai murid benar-benar hafal. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses implementasi dan prolematika metode talqin talaqqi yang ada di MI NW Teko kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pendekatan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik analisis data penelitian ini melalui empat tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, uji keabsahan data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan: pertama implementasi metode talqin talaqqi di MI NW Teko kelas V.
Copyrights © 2024