Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh proses belajar siswa dengan menggunakan variasi mengajar pada mata pelajaran Fikih bagi siswa kelas X IPS di MA Ma’arif Randublatung dan mengetahui hasil belajar dengan menggunakan variasi mengajar pada mata pelajaran Fikih bagi siswa kelas X IPS di MA Ma’arif Randublatung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pra eksperimen dengan model one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Adapun subjek penelitian ini adalah kelas X IPS sebanyak 18 siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan dimulai dari rata-rata nilai pretest sebesar (46,67) dan rata-rata nilai posttest sebesar (81,67) yang menunjukkan kenaikan hasil. Selanjutnya dari hasil uji paired sampel T-test, diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sesuai kaidah pengambilan keputusan dalam uji paired sampel T-test bahwa nilai sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05 dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis Ha ditolak dan Ho di terima karena terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil persentase nilai yang meningkat sebesar 75%. Besarnya pengaruh tersebut dapat dihitung dari Selisih rata-rata (nilai posttest – nilai pretest) / rata-rata nilai pretest × 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh Inovasi Keterampilan Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X IPS di MA Ma’arif Randublatung.
Copyrights © 2024