Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Vol. 15 No. 1 (2025): Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

DAMPAK NEGATIF ILMU PENGETAHUAN DALAM KAJIAN ETIKA DAN MORAL PADA GENERASI MUDA: PERSPEKTIF KH. AHMAD DAHLAN

Suratiningsih, Meity (Unknown)
Mulkhan, Abdul Munir (Unknown)
Zamah Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Ilmu pengetahuan merupakan hal yang sangat penting dimiliki semua manusia. Hal tersebut membuat semua manusia mengejarnya, karena begitu pentingnya dan utamanya ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak negatif ilmu pengetahuan dalam kajian etika dan moral pada generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan objek penelitiannya adalah mahasiswa PBSI FKIP Unpas semester 1 yang merupakan generasi Z dilihat dari dampak negatif ilmu pengetahuan dalam kajian etika dan moralnya. Data diambil dari segi teknologi yang memengaruhi moral dan etika dari mahasiwa generasi Z. Hasil pembahasaan menyatakan teknologi digital sangat amat berpengaruh pada generasi muda khususnya generasi Z. Dampak terbesar adalah pada etika dan moral para anak muda. Berkurangnya empati munculnya individualisme dan turunnya adab kesopansantunan pada orang yang lebih tua. Kontras dengan Perspektif K. H. Ahmad Dahlan yang menekankan pentingnya adab dalam ilmu pengetahuan, yang kini tampak mulai terkikis oleh pengaruh teknologi di kalangan generasi muda khususnya generasi Z.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diberi nama LITERASI, nama tersebut dipilih sebagai upaya untuk tetap menjadikan keterampilan berbahasa sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan. Seperti sebuah pernyataan “bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan”. Jurnal LITERASI diterbitkan oleh Prodi Pendidikan ...