Literasi sains merupakan keterampilan esensial dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar, yang tidak hanya berfokus pada pemahaman konsep ilmiah tetapi juga membangun karakter siswa. Pendidikan karakter menjadi aspek penting dalam pembelajaran agar siswa tidak hanya menguasai sains, tetapi juga memiliki nilai-nilai seperti tanggung jawab, kerja sama, dan rasa ingin tahu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai literatur yang membahas integrasi literasi sains dengan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menelaah berbagai sumber akademik terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengintegrasian literasi sains dengan pendidikan karakter dapat meningkatkan pemahaman konsep sains, membangun sikap ilmiah, serta menumbuhkan kesadaran etis terhadap lingkungan dan kehidupan sosial. Selain itu, strategi pembelajaran berbasis proyek, eksperimen, dan diskusi reflektif menjadi pendekatan yang efektif dalam mencapai tujuan tersebut. Dengan demikian, pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang holistik perlu dipertimbangkan agar literasi sains dapat selaras dengan pembentukan karakter siswa.
Copyrights © 2025