JURNAL KOULUTUS
Vol. 7 No. 2 (2024): JURNAL KOULUTUS

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS

Diltianingsih, Salsabila (Unknown)
Patonah, Siti (Unknown)
Suyitno, Andy (Unknown)
Ayu Nyoman, Ngurah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2024

Abstract

Ki Hajar Dewantara menegaskan bahwa tujuan pendidikan adalah memandu anak-anak ke segala kodrat supaya mereka dapat memperoleh tingkat keselamatan dan kebahagiaan tertinggi sebagai individu dan kelompok masyarakat. Dalam setiap kelas memiliki peserta didik yang berbeda karakteristik, dari segi latar belakang, minat, gaya belajar, dan tingkat pemahaman yang berbeda-beda sehingga dibutuhkan pembelajaran berdiferensiasi yang dapat mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membagikan implementasi pembelajaran diferensiasi pada kelas V Sekolah Dasar yang diharapkan dapat memberikan manfaat tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SDN Pedurungan Kidul 02. Pembelajaran berdiferensiasi yang diimplementasikan adalah berdiferensiasi konten dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penulis melakukan pengelompokan belajar berdasarkan gaya belajar melalui asesmen awal yang dilakukan sebelum pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran berdiferensiasi konten melalui model PBL berjalan dengan baik, peserta didik merasa senang dan antusias selama mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran PBL mendukung pembelajaran berdiferensiasi karena dapat memperluas kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

koulutus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal of Koulutus is published twice a year (March and September), contains research or reviewing on Education and learning.The authors may discuss about the teaching culture, teaching method and others teaching matters in every education levels. Journal of Koulutus is managed by LPPM of University ...