Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang erat kaitanya dan tanpa disadari atau tidak sering dijumpai dalam kehidupan sehari hari. Matematika seseorang dipengaruhi oleh latar budayanya, karena yang mereka lakukan berdasarkan apa yang mereka lihat dan rasakan. Matematika juga berkembang bersama aktivitas lingkungan yang bersifat budaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran etnomatematika dalam melestarikan budaya bangsa melalui pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur yang diawali dengan mengumpulkan, mempelajari, dan memahami sehingga memperoleh teori dan informasi dari berbagai literatur yang ada pada sebuah penelitian. Keterkaitan matematika dan budaya agar lebih dipahami dan persepsi siswa serta masyarakat mengenai matematika menjadi lebih tepat. Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar juga dapat disesuaikan dengan konteks budaya siswa dan masyarakat sehingga siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dan pelestarian budaya bangsa dapat terus terjaga. Selain itu, pendidik juga dapat lebih kreatif dan inovatif dalam penyampaian materi matematika dengan mengaitkan kebudayaan yang ada.
Copyrights © 2025