Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung pengaruh koordinasi mata tangan, keseimbangan dan percaya diri terhadap kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Laniang Makassar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini yang berjumlah 40 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur. Hasil analisis data dan kesimpulan bahwa: (1). Ada pengaruh yang signifikan koordinasi mata tangan terhadap percaya diri dalam kemampuan servis pendek permainan bulutangkis siswa SMP Laniang Makassar dengan nilai standardized coefficient beta sebesar 0.451 atau 45.1%; (2). Ada pengaruh yang signifikan keseimbangan terhadap percaya diri dalam kemampuan servis pendek permainan bulutangkis siswa SMP Laniang Makassar dengan nilai standardized coefficient beta sebesar 0.394 atau 39.4%; (3). Ada pengaruh yang signifikan koordinasi mata tangan terhadap kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Laniang Makassar dengan nilai standardized coefficient beta sebesar 0.321 atau 32.1%; (4). Ada pengaruh yang signifikan keseimbangan terhadap kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Laniang Makassar dengan nilai standardized coefficient beta sebesar 0.316 atau 31.6% ; (5) Ada pengaruh yang signifikan percaya diri terhadap kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Laniang Makassar dengan nilai standardized coefficient beta sebesar 0.375 atau 37.5%; (6). Ada pengaruh tidak langsung koordinasi mata tangan terhadap kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Laniang Makassar melalui percaya diri dengan nilai standardized coefficient beta sebesar 0.169 atau 16.9%; (7). Ada pengaruh tidak langsung keseimbangan terhadap kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Laniang Makassar melalui percaya diri dengan nilai standardized coefficient beta sebesar 0.147 atau 14,7%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025