Cyberbullying menjadi permasalahan penting di era digital, dengan dampak yang merugikan kesehatan mental mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cyberbullying terhadap Self-Esteem mahasiswa dan dampak psikologisnya. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional dengan sampel mahasiswa dari berbagai universitas di Makassar. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kesadaran mahasiswa terhadap cyberbullying cukup tinggi, pengalaman pribadi mereka dengan fenomena ini relatif rendah. Mahasiswa mengakui dampak negatif cyberbullying terhadap kesehatan mental dan prestasi akademik, namun hanya sedikit yang terlibat langsung dalam kasus tersebut. Temuan ini menunjukkan perlunya peningkatan edukasi, kebijakan pencegahan, dan dukungan kampus untuk mengurangi dampak negatif cyberbullying dan meningkatkan respons mahasiswa terhadap isu ini. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk menciptakan lingkungan digital yang lebih aman dan mendukung kesejahteraan mental mahasiswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025